4 Cara Jitu Bebaskan Storage Android Penuh

4 Cara Jitu Bebaskan Storage Android Penuh – Sekarang ini, android memang sudah dibekali dengan kapasitas memori internal yang sudah bisa dikatakan cukup besar, mulai dari 16 GB sampai dengan 128 GB.

Akan tetapi untuk kamu yang masih memiliki kapasitas memori internal kurang dari 16 GB, terkadang mengalami kesulitan saat akan menginstall aplikasi baru dan akan muncul “Your Storage Devices is Full” dengan kata lain memori internal kamu sudah penuh.

Jika kamu memang masih ingin bisa lebih banyak menginstall aplikasi atau berbagai jenis game, maka kamu harus menyimak ulasan yang akan variaponsel.com berikan kali ini yakni tentang cara membuat storage kamu bisa lebih kosong atau lega lagi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Instagram Stories Paling Lengkap?

Cara Jitu Bebaskan Storage Android Penuh

Sebelum kamu mulai melakukan beberapa tahapan yang akan kami berikan, ada baiknya kamu backup terlebih dahulu beberapa file yang menurut kamu penting dari memori internal ke memori external atau SD Card, sebab untuk berjaga – jaga jika ada beberapa file yang akan ikut terhapus dalam prosesnya.

4-cara-jitu-bebaskan-storage-android-penuh

4-cara-jitu-bebaskan-storage-android-penuh

Backup file ke SD Card atau kartu memori

Cara untuk melakukan backup file ke SD Card adalah dengan buka File Manager di ponsel kamu lalu pilih Internal Storage.

Setelah itu, pindahkan beberapa file yang penting menurut kamu ke external memori atau kartu memori.

Sesudah selesai, maka barulah kamu bisa dengan aman mengikuti langkah demi langkah yang akan kami berikan berikut ini.

1#. Hapus semua file pada folder thumbnails

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus semua file pada folder thumbnails.

Folder thumbnails ini seringkali muncul yang berguna untuk backup atau cache dari foto yang sedang kamu lihat atau ambil dan folder ini menghabiskan cukup banyak ruang sehingga menyebabkan storage kamu jadi penuh.

Cara menghapus thumbnail adalah dengan masuk ke internal storage dengan menggunakan File Manager pada android kamu, lalu pilih internal storage dan masuk ke folder DCIM atau picture.

Setelah itu, silahkan masuk ke folder .thumbnails lalu hapus semua file yang ada di dalamnya.

2#. Hapus file chache dari aplikasi

Cache merupakan sebuah file yang bersifat hanya sementara, akan tetapi cukup banyak menghabiskan ruang dalam memori internal kamu dan menjadi salah satu penyebab memori internal kamu penuh.

Cara terbaik adalah dengan menghapus cache dari semua aplikasi yang kamu miliki secara satu persatu.

Namun, jika cara itu cukup merepotkan maka kamu bisa menghapus cache dengan cara mendownload aolikasi App Cache Cleaner.

Sesudah kamu download aplikasinya, silahkan buka aplikasi tersebut dan klik “Start”, setelah itu silahkan klik “Clear All” supaya semua cache yang ada diaplikasi kamu bisa hilang secara sekaligus.

3#. Pindahkan aplikasi ke SD Card

Salah satu cara untuk membebaskan memori internal kamu adalah dengan cara memindahkan aplikasi yang kamu miliki ke SD Card sehingga ruang dalam memori internal kamu bisa lebih lega.

Caranya adalah dengan membuka oengaturan lalu pilih “App” atau “App Manager”, setelah itu pilih aplikasi mana saja yang kamu ingin pindahkan ke SD Card dan setelah kamu memilih lalu klik “Move to SD Card”.

4#. Ubah SD Card sebagai media penambah kapasitas memori internal

Cara berikut ini juga terbilang efektif untuk mengosongkan memori internal yang kamu miliki, akan tetapi kamu harus mempunyai akses root agar bisa melakukannya.

SD Card harus memiliki kapasitas diatas 4 GB atau lebih dan Android sudah di root terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu bisa download aplikasi Aparted kemudian lakukan backup pada file yang terdapat di SD Card.

Masuk ke menu lalu pilih “Setting” dan pilih “Storage” dan cari SD Card lalu “Unmount SD Card” atau kamu juga bisa melakukan “Erase” terlebih dahulu.

Sesudah selesai Unmount SD Card, buka aplikasi yang sudah kamu download dan tekan tombol hijau sebaganyak 3x untuk membuat tiga buah partisi, partisi yang ketiga adalah untuk Swap RAM.

Sesudah dibagi menjadi 3 partisi, ganti setiap sistem partisi menjadi FAT32, EXT2 dan juga SWAP.

Lalu kamu bisa mulai mengatur besar dari masing – masing partisi yang kamu sudah buat dengan cara menggeser lingkaran di setiap partisinya.

Berikut ini adalah beberapa contoh saran ukuran dari masing – masing partisi yang kesemuanya bisa disesuaikan dengan yang kamu butuhkan.

  • Microsd 16GB: FAT32 (10GB), EXT2 (5GB), SWAP (256MB)
  • Microsd 8GB: FAT32 (4GB), EXT2 (3,3GB), SWAP (256MB)
  • Microsd 4GB: FAT32 (1,7GB), EXT2 (2GB), SWAP (128MB)
  • Microsd 2GB: FAT32 (500MB), EXT2 (1,4GB), SWAP tidak diperlukan.

Sesudah selesai kamu atur, maka silahkan tekan tombol “Apply Change”, kemudian lakukan link antara internal memori dengan SD Card.

4 Cara Jitu Bebaskan Storage Android Penuh | turun dari langit | 4.5

Leave a Reply

error: Content is protected !!